Pengertian Termux,Fungsi Termux perintah Dasar Termux di HP Android

Pengertian Termux,Fungsi Termux perintah Dasar Termux di HP Android-halo sobat pada klai ini admin akan berbagi pengertian termux secara lengkap dan fungsinya.Termux adalah emulator terminal Android dan aplikasi lingkungan Linux yang bekerja langsung tanpa rooting atau pengaturan yang diperlukan. Sistem dasar minimal dipasang secara otomatis - paket tambahan tersedia menggunakan manajer paket APT.
Aman. Akses server jauh menggunakan klien ssh dari OpenSSH. Termux menggabungkan paket standar dengan emulasi terminal akurat dalam solusi open source yang indah.

Fitur dikemas. Pilihlah antara Bash, ikan atau Zsh dan nano, Emacs atau Vim. Grep melalui kotak masuk SMS Anda. Akses endpoint API dengan curl dan gunakan rsync untuk menyimpan cadangan daftar kontak Anda di server jauh.

Dapat disesuaikan. Instal apa yang Anda inginkan melalui sistem manajemen paket APT yang dikenal dari Debian dan Ubuntu GNU / Linux. Mengapa tidak memulai dengan menginstal Git dan menyinkronkan dotfile Anda?

Eksplisit. Pernahkah Anda duduk di bus dan bertanya-tanya tar argumen mana yang diterima? Paket yang tersedia di Termux sama dengan yang ada di Mac dan Linux - pasang halaman manual di ponsel Anda dan bacalah dalam satu sesi sambil bereksperimen dengan yang lain.

Dengan baterai yang disertakan. Dapatkah Anda membayangkan kalkulator saku yang lebih kuat namun elegan daripada konsol Python readline bertenaga? Versi terbaru dari Perl, Python, Ruby, dan Node.js semuanya tersedia.

Siap untuk ditingkatkan. Sambungkan keyboard Bluetooth dan sambungkan perangkat Anda ke layar eksternal jika Anda perlu - Termux mendukung pintas keyboard dan memiliki dukungan mouse penuh.

Tinkerable. Kembangkan dengan mengkompilasi file C dengan Clang dan membangun proyek Anda sendiri dengan CMake dan pkg-config. GDB dan strace tersedia jika Anda macet dan perlu melakukan debug.

PENGERTIAN, FUNGSI, DAN PERINTAH DASAR TERMUX UNTUK ANDROID

Apa itu Termux ?
Termux adalah sebuah aplikasi terminal yang juga termasuk linux environment berbasis linux debian yang bisa mendukung perangkat dengan basic 32 dan 64bit dengan dijalankan pada OS android versi 5.0(lollipop) keatas.

Cara Menggunakan Termux
Adapun cara penggunaan aplikasi itu sendiri bisa dibilang mudah untuk digunakan. Hal yang harus anda pertama kali yaitu mengintall termux, anda bisa mendownloadnya via playstore.
Setelah selesai di install, bukalah aplikasi tersebut maka secara otomatis termux akan menginstall paket. Untuk proses penginstall nya juga tidak lama, berbeda dengan Gnu root yang memerlukan waktu kurang lebih 5 menit pada saat proses berjalan.

Proses terakhir yakni lakuakan update dan upgrade untuk mendapatkan package terbaru yang telah disediakan oleh pihak termux.


Fungsi Termux
dibawah ini saya akan memberikan beberapa fungsi dari termux :
1. Dapat digunakan sebagai aplikasi editor yang berbasis terminal
2. Dapat digunakan sebagai SSH Client
3. Dapat diguakan untuk menjalankan python, perl, Dll
4. Dari yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi fungsi dan kegunaan dari termux itu sendiri tergantung dari kebutuhan pemakaian si penggunanya.

Perintah Dasar Termux
Adapun perintah dasar untuk bisa memakai termux adalah sbb:

1. su = super user ; mengaktifkan mode super user (root). Biasanya  ditandai dengan simbol
$
untuk user biasa, dan
#
untuk superuser

2. cd = Change Directory ; Membuka direktory (folder)
cd /system

3. ls = List ; Menampilkan isi direktory (folder) tertentu, misalnya
. ls /sys

4. cat = menampilkan  file
cat /proc/cpuinfo

5. pm = mengecek hak akses/permission suatu file

6. pm install = perintah untuk memasang, misalnya
pm install etcsession.apk

7. cp = Copy ;copy file
busybox cp /sys/A /system/

8. mv = move ; Memindahkan  file
 busybox mv /sys/B /system/

9. rm = Remove ; menghapus  file
busybox rm /sys/C /system/

10. tar = membuat file yang terkompres seperti winzip, 7zip, winrar dan lainnya.
tar /?

11. df = Disk Free ; Menampilkan ruang kosong pada disk anda

12. top = Menampilkan semua proses yang berjalan.

13. uptime = Menampilkan jumlah rentang .

14. exit = Perintah untuk keluar. Jika  berada pada mode superuser (root) maka perintah ini akan mengubah anda menjadi user biasa. Jika  dalam mode user biasa, maka perintah ini akan menutup aplikasi.


Distro Linux Yang Bisa Dijalankan Pada Termux

Pada Termux kita dapat menginstallkan beberapa distro linuk di dalamnya, seperti :
Ubuntu
 Fedora
 Kali Linux
 Arch Linux
 Blackarch Linux
Dan masih banyak lagi yang lainnya. Tergantung dari kebutuhan dan pemakaian kita.

1 Response to "Pengertian Termux,Fungsi Termux perintah Dasar Termux di HP Android"


  1. This professional hacker is absolutely reliable and I strongly recommend him for any type of hack you require. I know this because I have hired him severally for various hacks and he has never disappointed me nor any of my friends who have hired him too, he can help you with any of the following hacks:

    -Phone hacks (remotely)
    -Credit repair
    -Bitcoin recovery (any cryptocurrency)
    -Make money from home (USA only)
    -Social media hacks
    -Website hacks
    -Erase criminal records (USA & Canada only)
    -Grade change

    Email: cybergoldenhacker at gmail dot com


    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel